Home / BERITA DAERAH / SULTENG / PALU / Sesar Palu-Koro Bergerak 4-5 CM Pertahun, Membelah Kota Palu

Sesar Palu-Koro Bergerak 4-5 CM Pertahun, Membelah Kota Palu

Palu.Logisnews.net-Gempa Bumi, Tsunami, Likuifaksi serta tanah longsor yang terjadi di Palu, Sigi, Donggala dan Parigi-Moutong pada 28 September 2018 lalu dipicu oleh pergerakan Sesar Palu-Koro. Sesar Palu-Koro adalah salah satu sesar  paling aktif yakni bergerak 4-5 CM Pertahun yang berada di Pulau Sulawesi. Keberadaan patahan sesar Palu-Koro di Kota Palu berada di Teluk Palu, Kemudian melintas di Kelurahan Silae Palu Barat sekitar 50 Meter dari Bagunan induk sebelah barat Palu Grand Maal (PGM) hingga ke segmen Saluki Kabupaten Sigi.

Sekarang ini telah terpasang papan informasi diatas patahan Palu-Koro sebagai bentuk peringatan warga yang akan melakukan aktifitas di daerah tersebut. Daryono pada tahun 2018 merilis bahwa Patahan Palu-Koro adalah Patahan yang memanjang mulai dari Teluk Palu sampai Pantai Utara Teluk Bone dengan kecepatan pergerakan 4-5 CM pertahun. Pada bagian darat Sesar Palu-Koro  memiliki Panjang sekitar 250 KM.

Papan informasi Patahan Palu-Koro memuat informasi tentang larangan/tidak direkomendasikan membangun bangunan fungsi hunian diatas garis sesar Palu-Koro. Kemudian Warga diminta mematuhi aturan mendirikan bangunan tahan gempa, atur Perabotan di dalam bangunan. Siapkan Tas Siaga Bencana dan jika terjadi Gempa Bumi agar jangan panik, lindungi Kepala, segerah menuju ketempat terbuka serta hindari Tiang, pohon, sumber listrik dan Bangunan.

Penulis : Burhan Jawachir/Logisnews.net

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *