Home / BERITA DAERAH / SULTENG / DONGGALA / Proyek Irigasi Sioyong Tidak Selesai Hingga Akhir Kontrak

Proyek Irigasi Sioyong Tidak Selesai Hingga Akhir Kontrak

Diduga Dikerjakan Asal Jadi

Donggala-Sejumlah proyek irigasi di Kabupaten Donggala pada Tahun Anggaran 2020 tidàk selesai hingga berakhirnya  jangka waktu normal. Sebut saja proyek Rehabilitasi Jaringan Daerah Irigasi (D.I) Sioyong Pantai Barat Kabupaten Donggala. Proyek yang dibiayai APBD Donggala dengan nilai kontrak Rp 1,135.636.000 dikerjakan CV Donggala Raya belum selesai hingga awal tri wulan 1 Tahun anggaran 2021. Parahnya lagi proyek tersebut diduga dikerjakan asal jadi tanpa memperhatikan kwalitas pekerjaan.

Hasil investigasi Media Logisnews.net pada Selasa (5/1) menemukan para pekerja sedang melakukan plasteran pada dinding saluran irigasi dengan mengabaikan lantai saluran yang juga sudah rusak. Demikian pula kwalitas pekerjaan patut dicurigai tidak sesuai dengan RAB sebab sebagian plasteran terkelupas dan jatuh kelantai kerja pada bagian saluran irigasi.

Selain itu di lokasi proyek tidak ditemukan peralatan kerja seperti alat percampur material Moleng dan peralatan kerja lainnya. Sehingga diduga pekerja menggunakan alat manual.

Demikian pula proyek irigasi di Tompe yang juga belum selesai 100 persen dan hasil pekerjaan diduga tidak sesuai dengan RAB. Pintu-pintu air dipasang asal jadi dan diduga tidak menggunakan lantai kerja. Tidak ditemukan papan proyek disekitar lokasi. Sehingga menjadi pertanyaan apakah proyek tersebut Jaringan Perpipaan yang dikerjakan oleh CV Tosita dengan anggaran Rp 1.113.750.000 atau proyek siluman.

Warga disekitar lokasi proyek menyebut kalau kontraktornya belum menyelesaikan pekerjaan lalu mengumpul peralatan kerja kerumah penduduk.

Baik CV Dinggala Raya maupun CV Tosita yang mengerjakan Irigasi Tompe belum dapat dikonfirmasi sebab belum diketahui siapa Direkturnya. Demikian juga PUPR Donggala bidang sumber daya air terkesan tertutup.

Penulis: Burhan Jawachir

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *