Home / BERITA DAERAH / SULTENG / PALU / Polda Sulteng Telusuri Asal Mobil Pajero di Leasing Jakarta

Polda Sulteng Telusuri Asal Mobil Pajero di Leasing Jakarta

Novi: Ada Apa Faisal Tidak Menghadiri Panggilan Penyidik?
Palu.Logisnews.net – Mobil plat B 1906 SJT yang sempat viral di media sosial akibat diduga telah curi, saat kendaraan jenis Pajero nomor plat Jakarta itu diparkir tepian jalan. Belakangan diketahui kalau yang mengamankan mobil tersebut adalah Faisal. Sementara Faisal sendiri hingga sekarang belum bisa menunjukkan bukti kepemilikan yang sah. Akibatnya Reserse Kriminal Umum Polda Sulteng menindaklanjuti kasus tersebut dengan memeriksa saksi-saksi, termasuk memeriksa saksi Leasing di Jakarta, tempat mobil tersebut diambil.
Kapolda Sulteng Irjen Pol Drs Abdul Rahman Baso, melalui Dirreskrimum Kombes Pol Novia Jaya SH mengatakan hingga saat ini penyidik masih terus mendalami kasus dugaan pencurian mobil Pajero. Kasusnya tidak semudah membalikkan telapak tangan sebab banyak unsur yang terkait didalamnya. Kalau Faisal mengaku pemilik mobil, mana buktinya?. Sudah beberapa kali dipanggil penyidik, namun hingga sekarang belum juga datang menunjukkan bukti kepemilikan yang sah seperti BPKB, STNK atau bukti setoran ansuran ke leasing.


Dalam penelusuran sementara penyidik lanjut Novi diketahui kalau mobil tersebut adalah milik salah seorang warga yang bertempat tinggal di asrama polisi di Jakarta, kemudian mobilnya dikuasai oleh Rendi, selanjutnya ke Fausal baru Acing Makewa hingga ke orang terakhir di jalan Touwa Palu Selatan. Kemudian penyidik terus menelusuri dengan cara apa mobil yang tergolong mewah berpindah tangan hingga empat kali. “Darì Pemilik yang identitasnya tertera di BPKB berpindah ke Rendi H. Natsir, kemudian pindah ke Faisal baru ke Acing Malewa hingga ke warga di jalan Towua itu,”tandas Mantan Kapolres Parimo itu.
Ditambahkannya sekarang ini baru sebatas perpindahan barang bukti dari Faisal ke Acing sifatnya gadai seratus juta lebih, kemudian Acing gadaikan lagi ke warga jalan Towua itu sebesar dua ratus juta lebih.
Tapi dari pemilik pertama ke Rendi dan dari Rendi ke Faisal belum diketahui pasti, sebab penyidik masih melakukan pemeriksaan saksi-saksi di Jakarta.
Nantinya kata Novia Jaya kasusnýa akan terang menderang jika sudah selesai pemeriksaan saksi-saksi di Jakarta. Apakah mobil tersebut diperoleh dengan cara legal atau tidak. Jika mobil tersebut dipindahtangan secara illegal, maka mereka yang terlibat menguasai akan doproses dengan persangkaan penada barang curian atau pelanggaran undang-undang Fidusia.”Kita tunggu hasil pemeriksaan saksi-saksi hususnya saksi dari Leasing,”tegas Direktur.
Novia Jaya juga menyebut jika Faisal yang mengambil mobil belum dilakukukan penahanan. Namun Acing Malewa yang turut menjadi saksi atau pelapor justru menginformadikan jika pelaku Faisal ditahan di Mapolda Sulteng.
Penunis : Burhan Jawachir

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *