Home / BERITA DAERAH / SULTENG / Senator Lukky Semen Serahkan Usulan Aspirasi Daerah Sulteng ke Menteri Kelautan dan Perikanan

Senator Lukky Semen Serahkan Usulan Aspirasi Daerah Sulteng ke Menteri Kelautan dan Perikanan

Jakarta.Logisnews.net – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah (Sulteng) Lukky Semen SE menyerahkan usulan aspirasi dari masyarakat dan daerah Sulawesi Tengah ke Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo di Jakarta pada Rabu (4/11).

Saat menyerahkan usulan aspirasi dalam pertemuan bersama Menteri KKP, Senator Lukky Semen mengatakan usulan tersebut berdasarkan inventarisasi materi dari hasil pelaksanakan tugas Pengawasan Undang Undang dan Jaring Aspirasi (Reses) di Instansi Pemerintah Daerah dan kelompok masyarakat nelayan serta masyarakat budidaya perikanan di berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Tengah. Terkhusus di 3 Kabupaten yakni Sigi, Donggala dan Parigi Moutong dan 1 Kota Palu, yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami tahun 2018 lalu.

Dimana dari hasil inventarisasi materi dalam tugas kegiatan tersebut, terungkap jika saat ini kelompok masyarakat nelayan dan juga masyarakat budidaya perikanan mengalami kesulitan dalam meningkatan taraf hidup dan pendapatan ekonomi, akibat kendala ketiadaan dan keterbatasan peralatan tangkap, perbenihan ikan dan fasilitas sarana dan prasarana pendukung perikanan lainnya. Apalagi dalan situasi pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap usaha perekonomian masyarakat nelayan dan masyarat budidaya perikanan.

“Dari hasil inventarisasi materi pada tugas Pengawasan dan Jaring Aspirasi (Reses) yang kami lakukan, maka ada sejumlah usulan aspirasi dari Instansi Pemerintah Daerah serta kelompok masyarakat nelayan dan masyarakat budidaya perikanan yang usulannya akan kami serahkan,” ujar Lukky Semen kepada Menteri KKP.

Adapun usulan aspirasi yang disampaikan Senator Lukky Semen berupa mesin katinting, benih ikan, induk ikan, kapal penangkap ikan, pelabuhan perikanan, tempat pelelangan ikan (TPI), excavator untuk pembukaan tambak baru dan sejumlah usulan lainnya. Dirinya berharap usulan aspirasi dari Instansi Pemerintah Daerah, Kelompok Masyarakat Nelayan dan Masyarakat Budidaya Perikanan di Provinsi Sulawesi Tengah dapat direalisasikan oleh Kementerian KKP RI karena sangat dibutuhkan di daerah.

Sementera Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo merespon usulan aspirasi masyarakat dan daerah Sulteng melalui Senator Lukky Semen yang berada di Komite II DPD RI yang membidangi Kementerian KKP. Edhy Prabowo mengatakan, usulan aspirasi tersebut akan ditindaklanjuti melalui Dirjen maupun Direktur yang bersangkutan yang ikut serta dalam pertemuan tersebut.

Menteri Edhy Prabowo juga mengapresiasi adanya usulan aspirasi melalui Anggota DPD RI yang berdasarkan inventarisasi materi dari hasil pelaksanakan tugas Pengawasan Undang Undang dan Jaring Aspirasi (Reses) di Pemerintah Daerah dan kelompok masyarakat nelayan dan masyarakat budidaya perikanan. Dimana KKP terus menjalin komunikasi dengan berbagai stakeholder untuk membangun sinergi, mengupayakan solusi hingga menyerap aspirasi.

“Sebagai mitra kerja Komite II DPD RI, daya memberi apresiasi atas adanya usulan aspirasi yang sudah diserahkan tersebut dari hasil Reses Anggota DPD RI di Instansi Pemerintah Daerah dan kelompok masyarakat nelayan dan masyarakat budidaya petikanan di berbagai daerah. KKP akan sangat terbantu dengan adanya usulan aspirasi yang diinventarisir langsung oleh Anggota DPD RI di daerah pemilihannya dan akan ditindaklanjuti oleh KKP,” ujarnya.
Editor : Burhan Jawachir

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *