Home / BERITA DAERAH / SULTENG / PALU / Rekonstruksi dan Rehabilitasi Bandara Mutiara Sis Aljufri Dimulai

Rekonstruksi dan Rehabilitasi Bandara Mutiara Sis Aljufri Dimulai

Palu.Logisnews.net -Kementerian Perhubungan RI melakukan Pembangunan /Rekonstruksi dan rehabilitasi Bandara Mutiara Sis Aljufri Palu Sulawesi Tengah (Sulteng) pasca bencana 28 September 2018 lalu. Tahap perencanaan sedang dilakukan dan diharapkan selesai 5 bulan kedepan. Kemudian disusul dengan pekerjaan fisik yang diperkirakan akan menelan biaya keseluruhan Rp 327,5 M dari Bantuan Bank Dunia-ADB dengan jangka waktu pekerjaan selama 2 tahun 2021-2023.


Kepala Bandara Mutiara Sis Aljufrie Palu Ubaedillah, ST.MT pada media ini Jum,at (18/9) mengatakan pembangunan/rehabilitasi dan rekonstruksi Bandara Mutiara Palu dimulai tahun 2020 ini. Sekarang sedang dalam tahap pekerjaan perencanaan dan diharapkan akan selesai lima (5) bulan kedepan.”Sekarang sedang berjalan Konsultan perencana dan diharapkan 5 bulan kedepan sudah selesai,”ungkap Ubaidiĺlah.
Dikatakannya hasil perencanaan nantinya akan menjadi dasar pelaksanaan Fisik proyek rehabilitasi Bandara dañ kalau berjalan lancar tanpa kendala yang berarti, maka akan dimulai pada Juni 2021 nanti.
Pekerjaan itu kata Ubaidillah meliputi sisi udara yakni pekerjaan Ranway 33 yang rusak akubat likuifaksi sepanjang 250 meter. Kemudian sisi daratnya yakni pekerjaan Terminal yang saat ini bisa difungsikan akibat perbaikan sementara yang dilakukan beberapa saat setelah bencana.”Penanganan sisi udara meliputi Ranway sepanjang 250 meter yang teŕkena dampak likuifaksi dan sisi daratnya yakni perbaikan Terminal,”ujarnya.
Tentunya kata Ubaidillah hasil perencanaan Bandara akan lebih baik dari sebelumnya. Apalagi semua aitem pekerjaan, mulai pelelangan dan peketjaan fisik akan dilakukan oleh pusat yakni direktorat Anggaran. Pihak Bandara Mutiara hanya menerima hasil namun tetap dilakukan pendampingan sebab ada hal-penting yang harus tetap terjaga dan tidak boleh terganggu. Misalnya operasi Bandara harus tetap jalan.
Olehnya Ubaidillah meminta kepada semua pihak untuk memberi dukungan agar kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.
Penulis : Burhan Jawachir/Logisnews.net

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *