Home / BERITA DAERAH / SULTENG / PALU / Irigasi BWSS 3 Meluap, Pemukiman Warga di Jalan Dewi Sartika Terendam

Irigasi BWSS 3 Meluap, Pemukiman Warga di Jalan Dewi Sartika Terendam

Palu.Logisnews.net-Curah hujan yang cukup tinggi di awal September 2020 ini membuat terjadinya banjir dibeberapa tempat di Kota Palu dan sekitarnya. Tidak terkecuali di wilayah Palu Selatan Kota Palu Sulteng. Irigasi Gumbasa yang dibangun oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi III yang ruasnya masuk dalam Wilayah Petobo Kota Palu, meluap dalam sepekan terakhir ini. Akibatnya warga yang selama ini bermukim disekitar tanggul Selatan, Pasar Petobo dan warga diseputaran Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Palu jalan Dewi Sartika ikut terendam. Bahkan air yang tergedang di depan LP, sudah mengganggu arus lalulintas dan aktifitas warga.
Pantauan Media ini menunjukkan Air deras yang mengalir dari Sungai Mamara membawa material lumpur hingga menutup saluran jaringan irigasi menyebabkan terjadi sedimentasi. Bahkan air yang bercampur lumpur sudah tidak melewati saluran irigasi, tapi sudah merambah ke pemukiman warga. Parahnya lagi air deras bukan hanya membawa material lumpur, tapi juga potongan-potongan kayu, sehingga sangat membahayakan penduduk disekitarnya.


Sementara BWSS 3 sangat lambat melakukan penanganan pengerukan sedimentasi yang mungkin volumenya telah mencapai ratusan kubik. “Ada alat yang melakukan pengerukan, kemudian belum selesai sudah diangkut pulang,”terang warga di sekitar kejadian.
Menurutnya kejadian seperti ini telah berulang-ulang, bahkan 2018 lalu juga dilakukan penangan dengan membuat cekdam di Sungai Mamara, tapi diduga tidak dilakukan pemeliharaan berkala, sehingga rusak parah.


Sementara Pihak BWSS 3 melalui Kasatker OP Samuelson yang dihubungi via Warshap tidak merespon sejumlah pertanyaan sekaitan dengan pertanyaan endapan lumpur di Jaringan Irigasi Gumbasa dengan lokasi berada disamping Kantor BWSS 3.
Penulis : Burhan Jawachir/Logisnews.net

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *