Home / BERITA DAERAH / SULTENG / DONGGALA / Proyek Preservasi di PJN 2 BPJN XIV Palu Saat Covid 19 Berjalan Normal

Proyek Preservasi di PJN 2 BPJN XIV Palu Saat Covid 19 Berjalan Normal

Palu.Logisnews.net-Proyek Preservasi jalan dan jembatan, khususnya ruas Tompe-Pantoloan dan Palu-Surumana Donggala sedang dikebut pekerjaannya oleh Kontraktor Pelaksana. Ruas Palu-Surumana dikerjakan oleh PT Nindya Karya Jo PT Passakoreng dan ruas Tompe-Pantoloan dikerjakan PT Anugerah Jaya Konstruksi. Kedua ruas pekerjaan Preservasi dan rehabilitasi serta rekonstruksi tersebut berjalan normal ditengah pandemik Corona 19.
Hasil investigasi media www. Logisnews.net dikedua ruas pekerjaan tersebut menemukan aktifitas pekerja proyek sedang melakukan aktifitas pejerjaan seperti pengaspalan, perbaikan oprit jembatan dan pembuatan drainase dibeberapa titik proyek. PT Anugerah Jaya Konstruksi saat ini sedang melakukan perbaikan jembatan dan pengaspalan di ruas Tompe- Pantoloan, demikian juga Ruas Tawaeli -Donggala yang dikerjakan PT Nindya Karya Jo PT Passokoreng sedang dalam pekerjaan dan beberapa ruas sudah dilakukan pengaspala, perbaikan drainase dan trotoar serta penanganan lereng.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Nasional (PJN) Wilayah II BPJN XIV Palu Amin Hamid pada Media ini menjelaskan bahwa pada Tahun Anggaran 2020 ini, ruas Tompe-Pantoloan dan Tawaeli-Donggala sedang dalam pekerjaan. Untuk paket Tompe-Pantoloan dikerjakan oleh PT Anugerah Jaya Konstruksi, sementara paket Tawaeli-Donggala dikerjakan PT Nindya Karya JO PT Passokoreng.”Kedua pekerjaan diruas tersebut sedang dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ditengah wabah virus Corona 19,”ungkapnya.
Untuk pekerjaan Tompe -Pantoloan lanjut Amin terdapat item pekerjaan preservasi konstruksi jalan sepanjang 16 8 KM, kemudian Peservasi pemeliharaan rutin sepajang 53,94 KM dan Preservasi rutin jembatan sepanjang 1300 meter.”Bobot pekerjaanya sudah mencapai 21 persen,”ujarnya.
Demikian juga kata Amin ruas Pantoloan-Donggala yang lokasinya terdapat dibeberapa ruas dalam Kota Palu, seperti pengaspan disepanjang jalan Palu-Tawaeli, Pekerjaan Drainase di Jalan Abd Rahman Saleh (arah Bandara) serta drainase dan trotoar di depan Taman Makan Pahlawan Kota Palu, peningkatan jalan Diponegoro (eks Sunami) serta penanganan lereng di ruas Palu Donggala sedang dikebut pengerjaanya.”Dibeberapa ruas sudah selesai dikerjakan,”tandas Amin.
Selain proyek jalan ada pekerjaan jembatan diruas tersebut, dengan nama Proyek Penggantian jembatan Towale Cs yang proyeknya meliputi beberapa jembatas yang pekerjaanya putus kontrak dan masuk kerana hukum yakni jembata Toratea Cs.
Dikatakan Kasatker, untuk penanganan proyek termaduk di PUPR, maka ada tiga skema pekerjaan dan pembayarannya, diantaranya Pertama Proyek diselesaikan tahun ini, tapi penyelesaikan pembayaran nanti tahun 2021. Kemudia Kedua kontraktor menyelesaikan progres pekerjaannya sesuai dengan DIPA yang ada serta yang ketiga adalah pekerjaan dioptimasi tahun 2020 ini, kemudian sisanya dikontrak kembali pada tahun berikutnya.”itu tiga opsi yang ditawarkan kepada kontraktor,”ujar Kasatker.
Penulis : Burhan Jawachir

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *