Home / BERITA DAERAH / SULTENG / DONGGALA / Cedera Janji Dalam Pekerjaan Jembatan, CV Karya Indah Lestari Diblacklist

Cedera Janji Dalam Pekerjaan Jembatan, CV Karya Indah Lestari Diblacklist

Donggala. Logisnews.net – Perusahaan CV Karya Indah Lestari dimasukkan kedalam daftar hitam (blacklist) karena diduga muat cedera janji dalam menyelesaikan pekerjaan Pembangunan Jembatan Beton Towale Boneoge Banawa Selatan Kabupaten Donggala. Sebab hingga berakhirnya TA 2019, progres pekerjaan proyek yang dibiayai APBD Donggala dengan Pagu Rp 1.8 M tidak mencapai 10 persen. Akibatnya Perusahaan yang beralamat di jalan Perkuburan Cina nomor 27 Donggala harus menanggung resiko dimadukkan kedalam daftar hitam dengan konsekuwensi jaminan pelaksanaan harus dicairkan, kemudian selama 2 tahun anggaran tidak bisa mengikuti proses tender/lelang.
Hasil investigasi Logisnews.net dilokasi proyek pada akhir Tahun Anggaran 2019 menemukan adanya kegiatan pemasangan tiang penyangga dari tiang kelapa dan pembesian, padahal saat itu sudah berakhir masa kontraknya. Sehingga diduga ada permainan antara pihak Dinas PUPR Donggala dengan Kontraktor guna mengejar progres sesuai dengan besaran uang muka yang diduga sudah ducairkan oleh pihak kontraktor. “Patut dicurigai ada kongkalikong antara kontraktor dengan pihak Dinas PUPR Donggala. Terbukti kontraktor ditoleransi hingga akhir tahun anggaran, padahal sebelumnya tidak ada progres pekèrjaan,”ujar salah seorang pejabat di Donggala.

Diakhir tahun 2019, sejumlah material besi dan semen masih berserakan disekitar lokasi proyek. Nanti setelah awal januari 2020 baru dilakukan proses pembesian.”Masa tidak ada progres, lalu kontraktor diberi waktu mengejak progres ditahun anggaran berikutnya,”tandas sumber yang minta identitasnya tidak dikorankan.
Salah seorang kontraktor Bulla yang dikonfirmasi mengaku bukan dirinya yang membawa CV Karya Indah Lestari. Tapi Bulla tidak menampik jika pwrusahaan tersebut telah diblabklist akibat tidak menyeledaikan proyeknya.
Sementara Kadis PUPR Donggala Safrullah Lukman yang dikonfirmasi belum memberikan jawaban hingga berita ini diaplot.


Penulis : Burhan Jawachir

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *