Home / BERITA NASIONAL / Kronologi, Penyebab, dan Korban Ledakan di Mall Taman Anggrek Jakarta, Begini Penampakan Lokasi

Kronologi, Penyebab, dan Korban Ledakan di Mall Taman Anggrek Jakarta, Begini Penampakan Lokasi

Jakarta.Logisnews.net– Pengunjung Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, dikejutkan dengan adanya ledakan yang terjadi di lantai 4 bagian food court, Rabu (20/2)), pukul 10.30 WIB

Rabu (20/2), diceritakan oleh seorang karyawan tenant, Fajar (20), yang mendengar suara ledakan yang begitu keras saat sedang memasak ayam.
Dirinya juga sempat tertimpa plafon setebal 5 centimeter karena ledakan tersebut.
“Itu kejadiannya cepat, pas saya lagi masak ayam, enggak lama saya dengar ledakan kencang sekali. Kemudian plafon langsung ambruk sama kaca pecah,” kata Fajar.
Setelah ledakan terjadi, Fajar mengatakan kondisi lantai 4 langsung gelap gulita akibat kepulan asap yang memenuhi seluruh ruangan.
Fajar menuturkan sesaat setelah ledakan, seluruh karyawan dan pengunjung langsung berhamburan ke luar mal untuk menyelamatkan diri.
Menurut Fajar, ledakan itu disertai bau gas yang sangat menyengat.
“Lokasi pasti ledakannya itu saya enggak tahu di tenant mana, tapi yang pasti arahnya dari arah food court, itu bau gasnya sangat menyengat,” kata Fajar.
Kronologi lain diceritakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes, Argo Yuwono, berdasarkan kesaksian Fauzi (51), warga Kebon Jeruk, nomor 28, RT 10/01, Kelurahan/Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.
Disebutkan oleh Argo, saat itu Fauzi berada di Food Court Dapur Betawi, tiba-tiba ada suara mendesis seperti gas keluar.
Setelah mendengar suara itu, Fauzi mematikan handle gas yang ada di konter.
“Menurut keterangan saksi sekitar pukul 10.15 (WIB), ketika saksi sedang berada di Food Court Dapur Betawi di Mall Taman Anggrek, lantai 4, ia mendengar suara mendesis di atas konter Depot Betawi,” ujar Argo mengulang kesaksian Fauzi.
“Selanjutnya, saksi mematikan handle gas yang ada di konter, tetapi suara desisan suara gas masih ada,” papar Argo Yuwono.
Garis polisi terpasang menuju food court di lantai 4 Mal Taman Anggrek, Tanjung Duren, Jakarta Barat.
Kemudian, katanya, sekitar pukul 10.20 WIB, terjadi ledakan di atas konter Depot Betawi di lantai 4.
“Pukul 12.15 (WIB), tiba Tim Gegana Polda Metro Jaya pimpinan Iptu Muji, melakukan pengecekan untuk memastikan penyebab terjadinya ledakan.
Dikatakannya, penyebab adanya ledakan itu ternyata karena kebocoran saluran pipa gas di Depot Betawi, konter di area food court di lantai 4 mal.Hal itu sesuai dengan hasil penyelidikan Tim Gegana Polda Metro Jaya.
“Hasil investigasi dari Tim Gegana Polda Metro Jaya, bahwa ledakan terjadi akibat kebocoran saluran pipa gas di Depot Betawi, salah satu konter di area Food Court di lantai 4 mal,” kata Argo Yuwono, Rabu (20/2).
Karena ledakan itu, sebanyak 40 konter yang berada di area food court mengalami kerusakan berat, termasuk Depot Betawi, lokasi ledakan.
Berdasarkan pantauan, dampak dari ledakan gas itu juga mengakibatkan sejumlah kaca pecah di tenant yang ada di lantai 3.
Hingga pukul 14.00 WIB, sejumlah karyawan juga terlihat tengah membersihkan sisa-sisa pecahan kaca yang berhamburan di lantai.

Ledakan telah terjadi di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat pada Rabu (20/2). Berikut fakta-faktanya.
Sedangkan untuk para korban ledakan, Argo Yuwono mengatakan, ada enam korban luka dalam peristiwa ini.
Semuanya langsung dibawa ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan perawatan.
Rata-rata para korban luka mengalami luka bakar.
Berikut ini nama-nama korban ledakan di Mall Taman Anggrek:

1. Fajsal (35), karyawan food court, warga Ikapling RT 01/14 No 24 Kelurahan Kebon Baru, Tebet, Jaksel, mengalami luka kaki sebelah kiri sobek dan kepala robek.

2. Aufi Saidah (24), karyawan Soto Betawi, warga Srengseng, Kembangan, mengalami luka bakar tangan kanan kiri, telapak kaki kanan kiri, dan wajah.

3. Nia Fikrini (39), karyawan Depot Betawi, warga Jalan Pekojan 3 RT 9/7, Kelurahan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, yang mengalami luka bakar tangan kanan kiri, telapak kaki kanan kiri dan wajah.

4. Nurhani (44), karyawan Depot Betawi, warga Jalan Betung II, Kelurahan Kota Bambu Utara, Palmerah, mengalami luka bakar tangan kanan kiri, telapak kaki kanan dan kiri serta wajah.

5. Deni Sumantri (31), warga Jalan Swadaya III, Nomor 25, RT 02/03, Kelurahan Kalideres, mengalami luka lengan tangan kanan robek lima jahitan.

6. Saproni (29), warga Perum Taman Kota Bumi Blok O 1 No 05, RT 01/012, Kelurahan Kota Bumi, Kecamagan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, yang mengalami luka jari sebelah kiri dan kepala belakang.

Sumber : TRIBUNWOW.COM
Editor : Burhan Jawachir

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *