Home / Morowali / Warga Sepakat Jaga Kadamaian di Bumi Morowali

Warga Sepakat Jaga Kadamaian di Bumi Morowali

 

Morowali.Logisnews.net -Tokoh agama serta tokoh masyarakat di Kabupaten Morowali khususnya se Kecamatan Bahodopi, beberapa pekan lalu, melakukan deklarasi damai. Deklarasi tersebut sebagai bentuk komitmen bersama dalam upaya, menciptakan kondisi Bumi Morowali yang senantiasa damai bagi masyarakat yang multietnis.

Deklarasi yang dibacakan secara bersama-sama tersebut tertuang dalam beberapa poin diantaranya menjunjung tinggi perbedaan dan menghargai kemajemukan serta tetap berkomitmen menjaga keutuhan dan ketenteraman di Kabupaten Morowali. Selain itu, tidak akan terpengaruh dan terprovokasi dari manapun dan dari siapapun yang akan merusak persaudaraan dan persatuan di Morowali.

Tokoh masyarakat Bungku, Djalaludin Ismail SH, mengatakan mereka telah berkomitmen akan terus menciptakan kedamaian di bumi Morowali, termasuk warga suku Bungku dan suku Toraja, yang sebelumnya terlibat konflik.

Ia juga menegaskan bahwa saat ini, kondisi wilayah Kecamatan Bahodopi telah aman dan kondusif, terbukti roda perekonomian masyarakat berjalan lancar. ” Saya ingin mengatakan bahwa tidak satu pun masyarakat Kecamatan Bahodopi yang ingin wilayahnya tidak aman. Negara kita bukan hanya dibangun oleh suku Makassar, Toraja , Jawa dan Bali, tetapi negara ini di bangun oleh semua suku yang ada di Indonesia,” kata Djalaludin yang diamini oleh tokoh masyarakat Bungku lainnya seperti Arman dan Armin.
Olehnya kata Djalakudin, ia mengajak semua tokoh masyarakat serta aparat se Kecamatan Bahodopi untuk terus menciptakan rasa aman di wilayah Bahodopi.

Hal senada diungkapkan Marthen salah seorang Tokoh masyarakat suku Toraja. Bahkan menurutnya, kejadian pada 27 Oktober 2018 lalu, tidak akan terulang kembali. Sebab seluruh masyarakat telah bersepakat akan menjaga daerah yang sangat di cintai ini.
Ia juga berharap kiranya, masyarakat Kecamatan Bahodopi, tidak mudah percaya tentang isyu serta berita hoax utamanya yang akan memecah belah persaudaraan anak bangsa. Intinya jangan mudah percaya berita hoax yang tersebar di media sosial. Kita harus mengecek tentang informasi tersebut.
” Selaku tokoh masyarakat Toraja, saya mengimbau mari kita menjaga kedamaian di Kecamatan Bahodopi, serta tidak gampang terpancing (adanya) provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab,”tandasnya.
Penulis : Agus Manggona
Editor : Burhan Jawachir

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *