Home / BERITA DAERAH / SULTENG / DONGGALA / Ada Dugaan Money Politik di Pilkada Donggala

Ada Dugaan Money Politik di Pilkada Donggala

* Jelang Voting Day

DONGGALA.Logisnews.net -Dimasa tenang serta jelang voting day Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Donggala, 27 Juni besok, aksi serangan fajar dan money politik terkuak. Senin (26/6) kemarin Tim Panwas Kecamatan berhasil menciduk pendukung salah satu pasangan kandidat Bupati/Wakil Bupati Donggala.

Ket: uang barang bukti

Dugaan sementara kedua pemuda tersebut sedang membagi-bagika kartu nama kandidat nomor urut 3 Vera L Laruni-Taufik Burhan beserta uang pecahan Rp 100 ribu kepada warga Desa Balukang II Kecamatan Sojol.

Aksi ini terkuak, setelah warga yang ditemui ternyata salah satu pendukung kandidat lain yakni pasangan Kasman-Yasin ( SAKAYA). Sontak indikasi pelanggaran pemilu itu dilaporkan kepada pengawas pesta demokrasi.

Menurut salah seorang praktisi hukum di Sulteng bahwa kasus ini tidak bisa dibaiar. Pantia Pengawas (Panwas) Pemilu haru bersikap tegas. Apalagi Presiden RI melalaui Menko Polhukam Wiranto telah mewanti-wanti dan menegaskan bahwa transaksi uang dalam Pilkada serentak merupakan perbutan pidana dan berimbas akan kepada kandidat yg bersangkutan.

Olehnya kata Anwar, Panwas harus segere mengusut tuntas indikasi money politik ini. ” Jika dugaa ini kuat dan benar adanya, siapapun pasangan Bupati/Wakil Bupati tersebut harus didiskualifikasi dari kepersetaan sebagai calon Bupati,” tandaa Anwar kepada Logisnews.Net, Senin (27/6).

Ket : masyarakat dan panwascam

Apa pun alasannya tambah Anwar, negara tidak pernah memberikan ruang terhadap kandidat yang bermain curang dengan uang. Kasus ini harus diproses melalui hukum dan perundang-undangan yang berlaku, karena cara-cara seperti ini telah mencedrai proses demokrasi dan rasa keadilan masyarakat.

Penulis : Agil Basdewan
Editor. : Agus Manggona

About logisnews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *